belajar untuk masa depan

Media Pembelajaran Matematika : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

28/07/2010 22:38

Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebagai bekal mempelajari matematika salah satunya adalah kemampuan berhitung. Kemampuan berhitung siswa perlu dipupuk dan dilatih dengan berbagai teknik agar tertanam dalam pola berpikir anak sehingga nantinya dalam mempelajari matematika tak ada kendala dalam hal kemampuan berhitung.

Setelah siswa menyelesaikan studi di tingkat SD kemampuan berhitung yang harus telah dikuasai adalah meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, dan penarikan akar. Kemampuan berhitung itu harus dikuasai anak untuk diterapkan pada himpunan bilangan Asli, cacah, bulat, dan pecahan/desimal.

Salah satu kemampuan berhitung yang kurang dikuasai dengan baik oleh siswa adalah penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat (negatif dan positif). Hal ini biasanya dikarenakan pada saat pembelajaran siswa masih dalam tahap berpikir kongkrit sementara kebanyakan pembelajaran di kelas tidak didukung oleh media pembelajaran yang memadai. Bagi anak-anak yang "biasa" tentunya akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk memahami materi ini.

Berdasarkan latar belakang tersebut saya mencoba menyajikan sebuah media pembelajaran matematika yang saya maksudkan untuk membantu siswa yang merasa kurang atau belum menguasai kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat tersebut secara interaktif. Sehingga siswa dapat belajar secara mandiri untuk berusaha menguasai kemampuan berhitung tersebut.

Media Pembelajaran Matematika ini saya sajikan dengan dua buah karakter yaitu orang bercelana biru menghadap ke arah kanan sebagai karakter untuk bilangan bulat positif, dan orang bercelana merah menghadap ke arah kiri sebagai karakter bilangan bulat negatif.

Contoh penggunaan media pembelajaran matematika untuk penjumlahan bilangan bulat :

  1. 2 + 3 = ...         (bilangan positif dijumlah dengan bilangan bulat positif)
  2. 2 + (-3) = ...      (bilangan positif dijumlah dengan bilangan bulat negatif)
  3. -2 + 3 = ...        (bilangan negatif dijumlah dengan bilangan bulat positif)
  4. -2 + (-3) = ...    (bilangan negatif dijumlah dengan bilangan bulat negatif)

Pada contoh nomor 1 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan maju 3 langkah (kekanan)

Pada contoh nomor 2 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan orang bercelana merah maju 3 langkah (kekiri)

Pada contoh nomor 3 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana biru maju 3 langkah (kekanan)

Pada contoh nomor 4 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana merah maju 3 langkah (kekiri)

 

Contoh penggunaan media pembelajaran matematika untuk pengurangan bilangan bulat :

Mengingat sifat pengurangan berkebalikan dengan penjumlahan maka karakter kedua harus berjalan "mundur"

  1. 2 - 3 = ...         (bilangan positif dikurang dengan bilangan bulat positif)
  2. 2 - (-3) = ...      (bilangan positif dikurang dengan bilangan bulat negatif)
  3. -2 - 3 = ...        (bilangan negatif dikurang dengan bilangan bulat positif)
  4. -2 - (-3) = ...    (bilangan negatif dikurang dengan bilangan bulat negatif)

Pada contoh nomor 1 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan orang bercelana biru mundur 3 langkah (kekiri)

Pada contoh nomor 2 : orang bercelana biru maju 2 langkah (kekanan) diteruskan orang bercelana merah mundur 3 langkah (kekanan)

Pada contoh nomor 3 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana biru mundur 3 langkah (kekiri)

Pada contoh nomor 4 : orang bercelana merah maju 2 langkah (kekiri) diteruskan orang bercelana merah mundur 3 langkah (kekanan)

 

 

Back

Topic: Media Pembelajaran Matematika : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

No comments found.

Search site

© 2010 All rights reserved.